Di Manakah Letak Nomor Akte Kelahiran?

Nomor Akte Kelahiran - Akte Kelahiran sebagai tanda bukti kelahiran harus dimiliki oleh setiap warga negara. Orang yang tidak mempunyai Akte Kelahiran akan dianggap Tidak jelas siapa orangtuanya yang sebenarnya. Akte Kelahiran biasanya sering diabaikan oleh kita dan seringkali hanya sekedar di simpan di dalam gudang. Memang akte kelahiran bagi orang yang sudah tua menjadi tidak ada gunannya. Lha iya untuk apalagi, daftar sekolah tidak, lamar kerjapun tidak. Tapi ternyata tetap saja Akte kelahiran harus dibuat demi menyandang "Penduduk Sejati".

Di dalam akte kelahiran ada banyak hal yang harus kita ketahui dan kita pahami, dari mulai adanya No Unik, NIK, No Akte, Tempat lahir, Tanggal dan tahun lahir, Nama lengkap, Jenis Kelamin, Nama Orangtua, tempat dan tanggal dikeluarkannya kutipan akte kelahiran.


Orang Tua Resah dan Gelisah

Di sekolah dasar di Indonesia saat ini diwajibkan untuk menyerahkan akte kelahiran yang asli dan di simpan di sekolah selama satu semester. Hal ini ternyata sudah di lakukan di kabupaten sleman tepatnya di kota pelajar Jogjakarta. 

Memang imbas dari kebijakan ini membuat orangtua resah jika nantinya akte kelahiran anaknya yang disimpan di sekolah hilang, para orangtua akan kesulitan dalam mengurus penerbitan akte kelahiran. Kita kan tahu sendiri birokrasi kita sangatlah rumit dan benar-benar sulit. Namun ternyata dari Dinas Kependudukan Kabupaten Sleman sudah meyakinkan kepada orangtua jika nanti akte yang di simpan disekolah hilang, maka akan dimudahkan dalam membuatkan kutipan baru akte kelahiran walau buakn berasal dari Kabupaten Sleman. Syaratnya cukup surat kehilanga dari kepala sekolah dan di bawa ke Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Sleman.

Jadi orangtua tidak perlu gelisah lagi, walau ada saat ini pembuatan Akta Online namun selagi sekolah masih bisa membantu dan ada kemudahan dari Pemerintah daerah dalam mengurus akte kelahiran yang hilang. 

Nomor Akte Kelahiran & Letak Nomor Akte Kelahiran

Nomor Akte Kelahiran biasanya digunakan untuk kemudahan dalam mendata sebuah akte kelahiran termasuk kapan akte kelahiran itu akan dikeluarkan. Nomor akte kelahiran saat ini di sekolah sudah dientrikan ke dalam aplikasi yang bernama Dapodik data pokok pendidikan. No Akte kelahiran ini nantinya akan masuk secara otomatis ke pendataan kependudukan nasional.

Langsung saja inilah no akte kelahiran, perhatiakn bahwa nomor akte kelahiran berada sebelum tempat lahir. bukan yang berada paling atas. perhatikan:


No akte kelahiran yang di lingkari garis berwarna hijau, dan nomornya tertutup garis warna merah sengaja untuk menjaga kerahasiaan. Semoga bermanfaat, jangan lupa share dan comen ya di bawah.





EmoticonEmoticon